Hidrologi & Hidrolika

2 comments

Definisi Hidrologi merupakan ilmu yang mempelajari suatu pola pergerakan, distribusi serta kualitas air. Dalam wikipedia dielaskan Hidrologi (berasal dari Bahasa Yunani: Yδρoλoγια, Yδωρ+Λoγos, Hydrologia, "ilmu air") adalah cabang ilmu Geografi yang mempelajari pergerakan, distribusi, dan kualitas air di seluruh Bumi, termasuk siklus hidrologi dan sumber daya air. Orang yang ahli dalam bidang hidrologi disebut hidrolog, bekerja dalam bidang ilmu bumi dan ilmu lingkungan, serta teknik sipil dan teknik lingkungan.



Hidrologi
Kajian dalam ilmu hidrologi meliputi hidrometeorologi (air yang berada di udara dan berwujud gas), potamologi(aliran permukaan),limnologi (air permukaan yang relatif tenang seperti danau; waduk) geohidrologi(air tanah), dan kriologi(air yang berwujud padat seperti es dan salju) dan kualitas air. Penelitian Hidrologi juga memiliki kegunaan lebih lanjut bagi teknik lingkungan, kebijakan lingkungan, serta perencanaan. Hidrologi juga mempelajari perilaku hujan terutama meliputi periode ulang curah hujan karena berkaitan dengan perhitungan banjir serta rencana untuk setiap bangunan teknik sipil antara lain bendung, bendungan dan jembatan. - wikipedia

Ilmu Hidrologi dapat menyediakan informasi serta cara untuk memprediksi dan mencegah banjir serta distribusi kebutuhan aliran dan lain-lain.

Hidrolika
Sedang dalam Hidrolika merupakan bagian dari “hidrodinamika” berhubungan dengan gerak air serta mekanika aliran. Secara garis besar aliran terbagi menjadi dua yaitu aliran dengan saluran tertutup dan aliran saluran terbuka. Perbedaan keduanya adalah pada keberadaan permukaan bebas.

- aliran saluran terbuka : mempunyai permukaan bebas dan tidak terisi air diseluruh penampang, dengan ciri berhubungan langsung dengan atmosfer, seperti sungai, kanal, gorong-gorong, maka alirannya disebut Aliran saluran terbuka atau disebut Aliran permukaan bebas.
- aliran saluran tertutup : tidak mempunyai permukaan bebas karena air mengisi seluruh penampang saluran, dengan ciri mempunyai penampang penuh seperti aliran melalui suatu pipa, disebut Aliran saluran tertutup atau disebut Aliran penuh.

Berikut jenis-jenis aliran berdasarkan waktu dan ruang pemantauan :

Berdasarkan waktu pemantauan adalah :
- Aliran Tunak (Steady Flow)
- Aliran Taktunak (unsteady Flow)

Berdasarkan ruang pemantauan adalah :
- Aliran Seragam (Uniform flow)
- Aliran Berubah (Varied flow)
- Aliran Berubah Cepat (Rapidly Varied Flow)
- Aliran Berubah Lambat (Gradually varied flow)