Belajar Autocad 2010

Leave a Comment

MEMBUAT GARIS LURUS DENGAN UKURAN

Line atau garis adalah object yang paling vital.
Untuk membuat garis lurus cukup klik panel “line” pada icon toolbar seperti pada gambar, lalu ikuti garis putus-putus polar sehingga garis menjadi lurus, kemudian “ketik ukuran yang diinginkan” dan tekan “Enter”

Atau dengan cara :
Klik @ “ketik ukuran” < “ketik sudut yang diinginkan” lalu “enter”

@ = menunjukkan panjang
< =  menunjukkan sudut
@5<0 artinya: panjang 5 melalui sudut 0 derajat





MEMBUAT LINGKARAN DENGAN UKURAN

Circle atau lingkaran merupakan object 2 dimensi yang memiliki ukuran diameter dan jari-jari, adapun circle dapat ditulis dg huruf C di command window atau dengan mengklik icon circle pada icon toolbar seperti pada gambar.
Lalu “klik” pada layar dan  tarik secra lurus mengikuti garis osnap kemudian “ketik ukuran jari-jari lingkaran” dan “enter”










MEMBUAT GARIS “POLYLINE”


Polyline merupakan object 2 dimensi yang memiliki bentuk seperti garis, adapun Polyline dapat ditulis dg huruf PL di command window atau dengan mengklik icon Polyline pada icon draw toolbar.
yang membedakan dengan line adalah polyline ini merupakan komponen garis yang terintegrasi, tidak seperti line yang merupakan komponen garis terpisah. Untuk membuktikannya dengan klik garis polyline, maka garis akan terpilih semuanya tidak seperti line yang jika di klik salah satu garisnya, maka garis itulah yang terpilih, tidak semuanya. Objek polyline ini merupakan komponen yang sering dipakai dalam pembuatan object 3 dimensi.




MEMBUAT OBJEK PERSEGI DENGAN UKURAN

Objek Persegi atau Rectangle adalah object 2 dimensi yang memiliki bentuk segi empat, denggan Rectangle ini bisa membuat persegi empat hanya dengan menentukan 2 buah titik atau dengan menentukan panjang serta tinggi object.
Caranya dengan klik pada layar kemudian ketik @ kemudian ketik panjang persegi kemudian ketik koma (‘) ketik tinggi persegi.

@ = menunjukan panjang
(,) = menunjukan tinggi

@50,60 artinya panjang 50 dan tingi 60








Belajar Autocad 2010 , Autocad 2010  , Autocad 2007 , Autodesk Autocad 

0 komentar:

Post a Comment