Deformasi Gelombang

1 comment

  Deformasi Gelombang adalah perubahan bentuk atau sifat gelombang yang disebabkan oleh beberapa faktor ketika akan mendekati pantai. Perubahan atau deformasi gelombang tersebut meliputi refraksi, difraksi, dan refleksi, yang pada akhirnya berpengaruh pada garis pantai dan bangunan yang ada disekitarnya.


Refraksi

  Refraksi adalah perubahan pembelokan arah suatu gelombang yang disebabkan oleh pendangkalan atau perubahan kedalaman laut serta faktor angin pada daerah laut dangkal. Ketika gelombang yang akan memasuki wilayah pantai, kecepatan menjalar puncak gelombang pada perairan yang lebih dangkal akan lebih kecil dibandingkan dengan puncak pada kedalaman yang lebih dalam. Sehingga puncak gelombang akan mengalami suatu pembelokkan. ex : gambar :

Difraksi

  Difrraksi adalah penyebaran atau pembelokan gelombang setelah menghantam suatu halangan, biasanya berupa bangunan pemecah gelombang (break water) maupun pulau-pulau kecil yang berada disekitarnya, maka gelombang tersebut akan membelok disekitar ujung rintangan/halangan dan masuk didaerah terlindung dibelakangnya.
Dalam difraksi gelombang ini terjadi transfer energi dalam arah tegak lurus penjalaran gelombang menuju daerah terlindung. Transfer energi ke daerah terlindung menyebabkan terbentuknya gelombang baru, meskipun tidak sebesar gelombang diluar daerah terlindung. ex : gambar :

Refleksi

  Refleksi adalah pemantulan suatu gelombang yang terjadi saat gelombang datang dan membentur suatu halangan, biasanya berupa bangunan pemecah gelombang (break water) maupun pulau-pulau kecil yang berada disekitarnya. Untuk menentukan antulan gelombang diperoleh dari koefisien refleksi yang berbeda-beda untuk berbagai macam dan tipe bangunan atau halangan tersebut. ex : gambar :


Baca juga :

Shoaling

  Shoaling merupakan perubahan tinggi gelombang dan panjang gelombang dikarenakan perubahan kedalaman dari yang dalam sampai ke dangkal.







1 comment: