Struktur Open Frame dan Strong Coloumn Weak Beam

Leave a Comment
Perancangan Struktur Open frame : 
Struktur Open frame adalah struktur yang terdiri dari kolom dan balok yang digabungkan dengan "sambungan tahan momen", untuk menahan beban dari gempa, dimana Dinding pengisi tidak diperhitungkan untuk memikul gempa. Kekakuan lateral dari portal kaku cenderung bergantung dari kekakuan lentur dari kolom, balok serta sambungannya. Struktur Open Frame tanpa memakai dinding geser dan brising. Berikut bentuk perancangan Struktur Open frame :

Open Frame - Bresing - Dinding Geser

Perencanaan Struktur Strong Coloumn Weak Beam
(Kolom Kuat Balok Lemah) :
Strong Coloumn Weak Beam adalah salah satu innovasi desain secara struktural dengan cara membuat sistem struktur yang fleksibel yang mampu berdeformasi saat terjadi gempa (memiliki daktilitas tinggi) pada jenis perencanaan SRMPK (Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus).
Kapasitas desain SRMPK "Kolom Kuat Balok Lemah" digunakan untuk memastikan tidak terjadinya sendi plastis pada kolom selama terjadinya gempa.

Mekanisme :
Pada saaat Struktur mendapat suatu gaya lateral gempa, distribusi kerusakan sepanjang ketinggian bangunan bergantung pada distribusi lateral Story Drift (Simpangan antar lantai) Jika struktur memiliki kolom yang lemah, simpangan antar lantai akan cenderung terpusat pada satu lantai (soft Story effect) sebaliknya jika kolom lebih kuat dari balok (Strong Coloumn Weak Beam) maka drift akan tersebar secara merata dan keruntuhan lokal disatu lantai dapat diminimalkan.
Perilaku saaat mendapat gaya lateral :

gambar ke 3 : Strong Coloumn Weak Beam
Demikian sedikit rangkuman dari Struktur Open Frame dan Strong Coloumn Weak Beam

0 komentar:

Post a Comment