Dasar Analisis Struktur

Leave a Comment
Analisis Struktur (Mekanika tenik) adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajjari tentang gaya-gaya yangtimbul (pada suatu konstruksi bangunan/bagian konstruksi bangunan) akibat beban luar atau gaya luar , dengan anggapan penyederhanaan hukum-hukum dan peraturan-peraturan (rumus) dalam analisis struktur.

Struktur : Adalah himpunan elemen-elemen bahan dalam bentuk rancangan untuk meneruskan beban ke tanah dengan aman. Menurut Prof. Benny H. Hoed, struktur adalah bangun (teoritis) yang terdiri atas unsur-unsur yang berhubungan satu sama lain dalam satu kesatuan. Struktur ada struktur atas, struktur bawah. Struktur mempunyai sifat: Totalitas, Transformatif, Otoregul

Beban mati
Merupakan beban dengan besar beban yang konstan dan berada dalam posisi yang sama setiap saat. Beban ini terdiri dari berat struktur itu sendiri dan beban lain yang melekat pada struktur secara permanen. Dalam mendesain berat beban mati harus diperhitungkan untuk digunakan dalam analisa.

Beban hidup
adalah beban yang besar dan posisinya dapat berubah-ubah. Beban hidup yang dapat bergerak dengan tenaganya sendiri disebut beban bergerak, seperti kendaraan, manusia dll, Jenis beban hidup lain adalah angin, hujan, gempa, tekanan tanah, tekanan air, perubahan temperatur, dan beban yang disebabkan oleh pelaksanaan konstruksi itu sendiri.

Contoh :

Beban Berpusat
Beban Merata
Jika arah gaya searah jarum jam maka positif jika arah gaya berlawanan arah jarum jam maka negatif







Sipil, Teknik Sipil , Civil Engineer , Civil Engineering
Pembangunan , Kuliah Sipil , Pelajaran Teknik Sipil , Vancivil -

0 komentar:

Post a Comment